ALTHEA INDONESIA, PENGIRIMAN, BEA CUKAI (REVIEW / BAHASA)

10:00:00 AM

Masih ingat review saya mengenai Althea Indonesia beberapa waktu yang lalu? Kali ini saya mau membahas satu hal yang saya lihat cukup jadi perhatian saat teman-teman mau berbelanja di Althea.

Mengingat Althea mengirim produk langsung dari Korea, maka yang terbayang adalah tentang Bea Cukai dan Pengeluaran Barang untuk produk Impor. Kebetulan saya bekerja di bagian import, jadi saya coba meninjau dari pengetahuan dan pengalaman saya :)
Althea memiliki kantor perwakilan di Indonesia, Althea Indonesia. Hal ini bisa dilihat bahwa pengiriman lokal menggunakan TIKI. Apabila memakai jasa pengiriman domestik (EMS / Kantor Pos Korea), maka pengiriman domestik nantinya akan menggunakan kurir POS INDONESIA. Nah, menurut saya keberadaan Althea Indonesia ini berfungsi sebagai importir sehingga mereka yang bertanggung jawab atas pengeluaran barang serta pembayaran bea dan cukai. Tentunya, mereka harus memiliki ijin impor (yang dikenal dengan API - Angka Pengenal Impor) untuk dapat mendatangkan barang dari luar negeri secara resmi dan legal. Sampai pada poin ini, menurut saya tidak perlu khawatir mengenai pengeluaran barang dan pembayaran bea cukai apabila berbelanja di Althea.



Berikutnya, pada laman web kurir, tertulis "HAWB Information". HAWB atau House Air Way Bill adalah nomor booking atas satu paket yang kemudian akan diteruskan ke forwarder nantinya pengirim akan menerima MAWB atau Master Air Way Bill untuk pengiriman utama yang dilakukan oleh kurir udara. Sederhananya, MAWB adalah kumpulan dari beberapa HAWB, sehingga saya perkirakan Althea tidak hanya mengirim satu paket, melainkan beberapa paket ke negara tujuan (Indonesia).

PS: Rincos Number di kolom kanan adalah nomor pelacakan milik Rincos, sedangkan Tracking Number di kolom kiri adalah nomor pelacakan kurir lokal (TIKI).

Perhatian berikutnya adalah nominal belanja. Berdasarkan poin di atas, dengan asumsi Althea Indonesia memiliki ijin impor (API), maka nominal belanja tidak menjadi masalah, karena yang akan mengurus pengeluaran barang dan bea cukai adalah Althea Indonesia, bukan kita atas nama pribadi. Sayang sekali saat barang diterima yang terlihat adalah track number dari kurir lokal (Althea menggunakan TIKI).

Saya pribadi baru berbelanja dua kali di Althea, yang pertama dengan nominal Rp 386.640 dan Rp 502.500 keduanya dibawah USD$50 (dgn kurs Rp 13.500) aman dari masalah bea cukai. Teman saya berbelanja diatas Rp 700.000, berarti diatas USD$50 dengan kurs Rp 13.500 pun aman dari masalah bea cukai.

UPDATE 8 Mei 2017: Peraturan Menteri Keuangan (PMK 182/PMK.04/2016) telah menetapkan:
Pasal 13(1) Barang Kiriman yang diimpor untuk dipakaisebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1) huruf a,
dapat diberikan pembebasan bea masuk dengan nilai
pabean paling banyak FOB USDl00.00 (seratus UnitedStates Dollar) untuk setiap Penerima Barang per kiriman.

Sehingga untuk pesanan dengan nilai barang sampai dengan USD$100 tidak perlu khawatir dengan masalah bea cukai.

UPDATE 24 Juli 2017: Mengenai banyaknya pertanyaan dan keluhan yang disampaikan melalui tulisan ini, saya mengambil asumsi lain bahwa Althea menggunakan jasa pihak lain untuk proses impor ke Indonesia. Saat ini proses bea cukai sedang RED LINE yang berarti akan memakan waktu yang lebih lama, pemeriksaan yang lebih ketat dari biasanya. Saya tidak dapat memastikan kapan barang keluar, memakan waktu berapa hari dsb karena saya bukan pihak dari Althea. Kalian mohon menunggu paket kalian dari Althea ya, karena saya yakin Althea pun ingin pesanan kalian cepat sampai. :)


Dari beberapa poin di atas, saya bisa simpulkan kalau berbelanja di Althea tidak perlu khawatir dengan Bea Cukai dan Pengeluaran Barang karena Althea memiliki kantor di Indonesia (memiliki ijin resmi) dan paket yang datang dalam kuantiti banyak (beberapa paket).
Sekali lagi, ini hanya asumsi dan perkiraan bagaimana proses impor untuk Althea Indonesia, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya. Apabila kalian memiliki kendala paket, dapat ditanyakan pada Althea Indonesia langsung ya.

Facebook : https://www.facebook.com/altheaindonesia/
Email: help@althea.kr

Note: This is not a promotional paid post, all mentioned and reviewed with my own opinion.

You Might Also Like

74 comments

  1. mau nanya sis, aku kan paket Althea nya jg pake RINCOS nah tgl 2 mei tuh tulisannya Processed at ICN Airport terus sampe tgl 6 mei ini :( kira2 ini kenapa yaa? Huhu

    ReplyDelete
  2. mau nanya sis, aku kan paket Althea nya jg pake RINCOS nah tgl 2 mei tuh tulisannya Processed at ICN Airport terus sampe tgl 6 mei ini :( kira2 ini kenapa yaa? Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba..paketnya sudah datang kah? buat estimasi aja kalo mei belum datang ya apa kabar bulan lainnya...saya order di awal july..jadi rada sebel juga karena ga ada pengumuman apa2 dr althea

      Delete
  3. Hai Khansaa..
    Biasanya statusnya "stuck" disitu aja krn emang ada keterlambatan update, padahal aslinya juga jalan sih. Ngga usah panikk.
    Kalau 15 hari dari tanggal berangkat (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur) masih belum terima, km bisa hubungi Althea yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak.. saya belanja d althea dr tgl 2 agustus.. status pengiriman d rincos pick up tgl 11 agustus.. sampai sekarang statusnya masih pick up.. kenapa yah kira2.. m

      Delete
    2. Hai Sufi,

      Alasannya sudah saya tuliskan di atas dan di beberapa komen.
      Status bea cukai impor saat ini sedang JALUR MERAH sehingga butuh proses pemeriksaan yang lebih lama. Jadi harap menunggu.

      Delete
  4. Ka aku mau tanya kalo aku belanja di althea sampe 738rb itu bakalan kena bea cukai atau engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eka, ngga kena..
      Krn proses bea cukai ditangani Althea, jadi km tinggal tunggu barang datang aja :)

      Delete
    2. itu minimal order kan usd 100 ya kak, berarti kan kira2 1,3 juta..kok 700k bisa?

      Delete
  5. Hai ka aku mau nanya, kmrn 1 juli aku mesen di Althea dan tgl 5 itu udh dikirim tp sampe skrng blm sampe rumah dan aku baca berita katanya mentri Sri Mulyani lg ubah peraturan di bea cukai. Itu kemungkinan ketahan ya ka? Tp nnti bakal lanjut dikirim kan ka yah? Hehe aku panik karna baru pertama kali belanja disana

    ReplyDelete
  6. Hai ka aku mau nanya, kmrn 1 juli aku mesen di Althea dan tgl 5 itu udh dikirim tp sampe skrng blm sampe rumah dan aku baca berita katanya mentri Sri Mulyani lg ubah peraturan di bea cukai. Itu kemungkinan ketahan ya ka? Tp nnti bakal lanjut dikirim kan ka yah? Hehe aku panik karna baru pertama kali belanja disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Kalo tgl 5 baru berangkat, masih belum 15 hari kerja, jadi kamu tunggu aja. Emang kadang bisa lama/cepet, tergantung bea cukai disini dan yang ngurus Althea, jadi kamu tunggu aja pasti lanjut dikirim kok :)

      Delete
    2. Hai khilda, aku juga baru pertama x beli di althea dan dr tgl 5 july statusnya masih picked up by rincos, katanya memang lg ada peraturan baru di bea cukai jadi menunggu masalah internal mereka beres dl,lebih ke penasaran pengen cepat2 sampe hehehe....

      Delete
    3. Hi Alinda, terima kasih sharing-nya, semoga pesanan kalian cepat sampai ya ^^

      Delete
  7. Hay ka...
    Klo kasus aq, belanja d lathea dri tgl 4 july dan smpai saat ini sttusnya masi proccesing????? Itu knpa yaa, aq jdi was was...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.. Processing gimana ya maksudnya? Udah slesai bayar? Udah dapat resi?
      Biasanya kalau "nyantol" pun setelah lama gini statusnya udah ganti sih. Coba km hubungi althea juga ya, karena saya belum pernah mengalami seperti ini.

      Delete
    2. Halo ka... Saya juga mengalami hal yg sama ni. Saya baru pertama belanja di althea lewat aplikasi yang saya download di playstore.

      Saya belanja tgl 9 july, dan sudah melakukan pembayaran tgl 10 july.

      Lalu saya cek di pesanan terbaru, muncul kolom-kolom yang salah satunya adalah kolom status, dan dr awal pembayaran hingga saat ini statusnya masih processing.

      Processing itu maksudnya udah di kirim belum ya?

      Nah ini udah 10 hari sampai sekarang, saya belum dapat email pemberitahuan resi pengiriman.

      Saya udah tanya ke althea.kr lewat email, dan balasannya mengatakan dikarenakan lagi ada masalah di pabean indonesia, jadi di luar kendali althea.

      Jadi barang saya itu gimana nasibnya ya? Saya takut kena penipuan...

      Benar gak sih belanja di althea itu aman??

      Saya jd khawatir and gak sabar nunggu nya.... 😔😖

      Delete
    3. hi..
      belanja di althea aman kok, cuma memang sekarang masalah pabean dan bea cukai di Indonesia sedang ada masalah, jadi otomatis pengiriman-pengiriman akan terhambat.
      karena memang masalah pabean itu di luar kendali perusahaan.

      semoga paketnya cepat sampai ya.

      Delete
    4. Halo ka.. Mau cerita lg soal barang pesanan saya, kemaren waktu saya cek lagi di aplikasinya, status nya udah berubah, tulisannya telah terkirim, lalu waktu saya klik no id pesanan saya, di bagian bawah muncul nomor resi pengirimannya juga, di kirim lewat yongsung...

      Aduh.... Setelah baca statusnya berubah, hati jd lega and plong deh gk mikir yg macem macem lg, and keraguan saya soal penipuan langsung hilang...

      Jadi skr saya dah bnr2 lega.. Hahaaha.. Ya deh semoga barang pesanan saya cepet nyampe.

      Hehehe..

      Makasih ya ka dah bales comment saya...

      Delete
  8. Nah sama nih, aku juga kayak gini. pesen dari tanggal 6 juli tapi sampe sekarang masih processing. udah bayar dari tggl 6 juli tapi statusnya masih processing aja:( huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget berarti saya juga byr dari tanggal 4 juli 2 box,baru dapet email dari althea tgl 14 juli.itu pun statusnya masih picked up di rincos yg satu lg msih processing.jawaban alhea nya:
      Terima kasih telah menghubungi Althea! Kami mohon maaf atas keterhambatan yang terjadi dan dengan sangat menyesal Kami beritahukan bahwa Kami tidak mempunyai kendali atas semua ini.
      Karena liburan Idul Fitri, kantor cukai lokal anda akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan penumpukan paket dan menjalankan peraturan import baru.
      Semua pengiriman international terpengaruh sampai pemberitahuan lebih lanjut.
      Pada saat proses cukai selesai, pengiriman akan dilanjutkan.
      Untuk informasi lebih mengenai situasi ini, anda bisa menghubungi kantor cukai lokal anda untuk klarifikasi.

      Delete
  9. Hmm ad yg pesen dr bulan juni?
    Aku pesen dr tgl 28 juni, sampai skrg jg blm ada paketny drmh. Ya awalny dibilangin krn libur lebaran, trus krn ad penumpukan paket di bea cukai lokal.
    Di informasiny tgl 5 juli paketnya masih ada di Singapura.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget kakk, aku jugaaa gituu, dr tgl 5 juli paket masij di singapur, nanya althea jawabanya juga gituu efek libur lebaran, nanya tiki ktny mm belum ada paket itu masuk ke indonesia, jadi bingung :(

      Delete
    2. Hi aku juga sama nih posisi paket masih di SG dari tgl 28 juni huhu paket km sekarang sudah sampai blm ya? Thank you

      Delete
    3. Hi,kasus ak juga sama dr tgl 5 jul kmrn status masih aja di SG, dan sudah email ke CS Althea nya dan sama sekali tidak membantu.. Jadi takut mau belanja lagi di Althea..

      Delete
    4. Punyaku juga statusnya masih di SG dari tgl 5 juli smpai skrng tgl 9 agust masih belum ada perubahan status. Sdh email CS Althea, katanya itu diluar kendali mereka dan silahkan bertanya pada cukai lokal. Aku gak ngerti cukai lokal itu dimana kantornya? Terus aku coba cari email rincos, pas aku email, eh emailnya balik lagi, katanya email rincos itu tidak ada. Aku takut paketnya tidak sampai. Aku pesan 2 kali. Sebelumnya sdh pernah pesan 3 kali dan sekitar 15 hari itu sdh nyampe. Tapi yg skrng udah lewat 1 bulan belum nyampe juga. Duh sedih banget T.T
      Aku pikir cuma aku yg kayak gitu, trnyata kalian juga T.T

      Delete
    5. Sdh cb cek lg no trackingny?
      Barusan aku cek, dan sdh diperbaharui..paketny sdh nyampe di Indonesia kmren tgl 30, dan trnyt jasa pengirimanny awalny rincos, trus pas berubah pake doora.
      Berharap aj tgl nunggu smpe ke rmhny scptny, krn sdh 2bln dr pesanan awal..

      Delete
  10. Hi kak, ini pesanan althea aku sudah 24 hari sejak dikirim sama althea tapi sampe sekarang statusnya masih stuck di singapura (ini status barangnya udah sampai di singapura dari 18 hari yg lalu), terus pas aku hubungi pihak althea katanya itu karena kantor cukai lokalnya.. Itu kira kira aman ngga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nabilah, maaf kalau saya tidak bisa membantu banyak. Tapi karena proses import sedang Red Line, memakan waktu yang lebih lama, maka kemungkinan paket kamu juga membutuhkan waktu lagi untuk sampai :(
      Mengenai aman atau tidak, hanya pihak Althea dan Bea Cukai yang tau, karena memang di luar kendali saya.
      Semoga paketnya cepat selesai ya :)

      Delete
  11. Hai ka, waktu itu pesananku udah di pick up sama rincos tanggal 3 juli terus tanggal 4 julinya sedang prosessing. Terus tanggal 5 juli sudah sampai di singapur. Tapi sampe sekarang belum ada up date lagi.. kira kira kenapa ya ka? Terus kalau aku mau complain atau tanya tanya althea kira kira kemana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, sesuai penjelasan saya di atas, proses impor sekarang sedang RED LINE, sehingga akan memakan waktu yang lebih lama, info lengkap bisa ke help@althea.kr ya

      Delete
  12. Sama ih, aku order tgl 3juli tf di hari yg sama dapat no resi kalo di cek tetep pickup by rincos tgl 5juliy . Udah itu aja ga ada jelas lagi :(

    ReplyDelete
  13. Hi! Aku mau nanya nih. Aku order dari tanggal 4juli dan sampai sekarang belum sampe dan udah email althea katanya ada masalah sama beacukainya. Sedangkan di account althea aku barang masih processing blm shipped dan blm dapet email juga. Itu gimana ya? Mohon dijawab��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ilda.
      Seperti sharing teman2 dan email althea, saat ini memang bea cukai sedang jalur merah (red line). Mungkin barang kamu memang belum diberangkatkan karena masalah bea cukai ini, menghindari resiko. Mungkin juga barang kamu sudah diproses tapi sistemnya belum update.

      Delete
  14. Hi Kak, saya juga mengalami kendala seperti teman2 diatas... saya sudah transfer tgl 22 Juli 2017 tp sampai sekarang menurut pihak Althea juga masih terhambat di kantor bea cukai Indonesia. Saya tidak menaruh curiga apapun pada pihak Althea, karena saya sudah membaca berbagai review dan ketentuan kebijakan Althea. Namun yg membuat saya kecewa adalah dari kantor bea cukai nya sendiri. 4 hari yg lalu saya email bagian bea cukai Indonesia, namun TIDAK ADA BALASAN APAPUN. Kemudian saya SMS SEMUA contact person Bea Cukai dari berbagai daerah dan tetap TIDAK ADA BALASAN APAPUN. Jujur saja ya kak, dengan kejadian seperti ini saya jadi khawatir untuk berbelanja produk import lagi. Bukan berarti saya meragukan Althea, namun saya lebih tidak menyukai system yg ada di Indonesia sendiri, yg selalu NOT RESPONDING... Saya baca dari ulasan kakak, kakak bekerja di bagian import. Menurut kakak, dengan kendala atau hambatan atau whatever lah yg terdapat di Bea Cukai Indonesia kira2 dapat terselesaikan dalam waktu berapa lama/hari??? karena jika terkendala oleh yg disebutkan dr email althea tsb itu artinya sudah lebih dari satu bulan. Lha dalam satu bulan itu mereka (pihak bea cukai) ngapain ajaaaa????
    hehe, duuuhhh jadi rada esmosi deh... maaf ya kak, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nadya..

      Sejujurnya saya ngga tau terhambatnya itu di Singapore atau di Indonesia. Mengapa Singapore? Karena beberapa kali saya pesan di althea transitnya disana.
      1) Apabila memang lewat Singapore, asumsi saya, Althea pakai jasa pihak lain yang berimbas pada lambatnya proses bea cukai. Karena saat ini memang lagi pemeriksaan untuk paket yang datangnya borongan (rame-rame). Terutama yang dari Singapore, karena banyak persh di Indo yang pake jasa borongan tsb.
      2) Apabila memang lambat di Indonesia ya karena memang sedang jalur merah (red line). Kalau red line nya Althea sebagai importir ya harusnya 1 atau 2 minggu selesai. Tapi balik ke asumsi pertama, kalau Althea pakai jasa pihak lain (borongan) ya lama. Karena proses bea cukai itu apabila ada kekurangan dokumen di salah satu tahap, antriannya akan balik lagi mulai dari awal.

      Sebenernya bukan petugas bea cukai ngga ngapa2in sih, cuma memang agak kurang optimal di beberapa tahap. Misal dokumen yang harus dikumpulkan 5, tiba2 atasan minta tambah 1, nah nambah 1 ini tahapnya balik mengajukan dari awal, ngantri lagi buat diperiksa. Belum kalau redline (jalur merah) harus antri pemeriksaan, kontainer yang datang per hari kan banyak banget, antrinya lama, belum periksanya, belum pengurusan biaya-biayanya.
      Jadi ga sepenuhnya jelek di bea cukai, karena prosesnya melibatkan banyak pihak.

      Emang nyebelin sih nunggu paket lama ga datang, tapi karena kondisinya begini, memang sebaiknya menunggu, yang sabar yaa :)

      Delete
    2. ak juga punya kasus yang sama, dan saya udh telp langsung ke kantor bea cukai indonesia, karena pihak althea suruh saya hubungi langung bea cukai kita, dan setelah ak telp kantor bea cukai, ternyata memang RINCOS belum masukin barang kita ke bea cukai indo, jadi semua barang mungkin masih tertahan di Singapore..

      Delete
  15. Waduh emang belanja max berapa ya? Emang dapat email dari bea cukai isinya apa nadya arera? Kemaren habis belanja berapa? Aku juga takut kena tapi belanja 1.3an aman kan ya kak. Takutny di email juga dari bea cukai. Tiap hari kerja lagi takut ga bisa samperin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lyn Chen, si Nadya ngga dapat email malah dia yang email ke Bea Cukai hehe..
      Tenang aja kok ga bakal di email bea cukai, kan yang beresin Althea :)

      Delete
  16. Ada yg barang nya sudah sampai kah? Aku order tgl 6 July sampai skr tulisannya masih pickup

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga belum sampai order 9 july

      Delete
    2. wah kita sama aku juga order dri tanggal 4 july sampe sekarang statusnya picked up rincos center, udh beberapa kali email ke altheanya ya karena memang ada redline ini jdi akan memakan waktu yg lumayan lama banget. kalo ada kabar bagus dri altheanya bisa di sharing yaa, bakal sangat membantu banget :)
      thankyou:)

      Delete
    3. aku dri tgl 3
      sampe sekarang masih picked up
      klo hubungan althea bagaimana ya?
      aku ada email berkali" tapi ga ada jawaban
      ada alamat email laen atau bagaimana kah?

      Delete
  17. Kata bea cukai althea harus ijin ke BPOM, kan bikin sedih

    ReplyDelete
  18. Hai teman teman update dong, barangnya sudah sampai blm? Kl sudah berapa lama? Aku order dialthea via aplikasi diplaystore tgl 23 juli 2017, tahap proccesing cukup lama hingga tanggal 1 agustus kmrn aku cek statusnya berubah jd pick up, sampai sekarang statusnya blm berubah lagi, semoga cepat sampai yaaa, agak worry jg baca baca banyak hambatan barang lama sampainya. Huhuhu

    ReplyDelete
  19. Halo kak, sy mau tanya, sy order althea via app ios, nah sy order tgl 8 juli sampai skg 9 agustus msh jg blm dikirim. Jadi saya order 2x di althea pada hari yg sama yg satu statusnya sdh dikirim yg satu statusnya processing. Itu bagaimana ya kak penjelasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maya, saya ngga bisa jawab pertanyaan kamu dengan pasti ya, kamu bisa hubungi Althea.
      Mungkin aja hal tsb terjadi krn kesalahan sistem, atau memang barang kamu sebagian sudah terkirim.

      Delete
  20. Waahhh baru tau ada kejadiaan begini.. kmrn baru habis belanja lagi di althea.. baru aza.. mohon jika ada teman-teman yang barangnya sudah sampai dikabari ya.. thanks.. (soalnya saya sudah berbelanja berkali-kali dialthea dan tidak ada masalah sama sekali)

    ReplyDelete
  21. Hai, sebelumnya makasih infonya..
    Aku mau tanya nih..tadi kan admin bilang kalo nilai paket mencapai $100 bebas dari bea cukai, nah total transaksi saya gak nyampe $50 tapi kok belum nyampe juga ya ke tangan saya..gimana caranya cek barang kita selain lewat Althea atau TIKI nya?? misalnya cek di bea cukai caranya gimana ya?? Tolong dibalas ya..Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Della,

      Setiap transaksi berapapun nominalnya pasti akan melalui bea cukai. Bebas bea cukai yang dimaksud adalah tidak perlu membayar pajak barang masuk.
      Sekarang yang terjadi adalah paket kamu dan teman-teman lainnya dikirim bersamaan, perlu diperiksa oleh bea cukai, sehingga ya yang terjadi sama dengan yang lainnya, perlu menunggu sampai barang diijinkan keluar dari bea cukai.

      Cara cek paket hanya bisa melalui Althea. Ga bisa lewat TIKI kalau barang belum di Indonesia. Mau cek ke bea cukai kalau barang belum di Indonesia pun juga ga bisa.

      Delete
  22. hi kak nina, aku mau sharing sedikit pengalaman dengan althea. tadinya cuma mau baca review aja tapi jadi gatel juga pengen sharing karena ada yg mengalami seperti aku juga, hehehe.

    Singkat cerita,
    aku pesen produk althea tanggal 01 Agustus 2017, dan melakukan pembayaran via Transfer Bank Permata. dari tanggal 01 Agustus 2017 s/d 15 Agustus 2017 status aku di althea app, Processing. Baru tanggal 16 Agustus 2017 ini aku dapat email kalo pesanan aku sedang dalam perjalanan.
    Dan aku baru baca di web nya kalo althea lagi ada masalah dengan kepabean (bea cukai) sejak idul fitri lalu, dan barang baru akan dikirim kalo permasalahannya selesai. artinya selama status aku processing itu lagi ketahan karena permasalahan peraturan baru pada bea cukai. dan aku masih harus nunggu lagi dari proses "sedang dalam perjalan" utk sampai ke jakarta. mungkin bisa lebih dari 7 hari.
    bisa hampir 3 minggu untuk nunggu, jadi harus ekstra sabar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Adelene,
      Terima kasih sharingnya, semoga paketnya cepat selesai dan sampai di kamu yaa :)

      Delete
    2. paket nya udah sampAi kak?

      Delete
  23. Bayak yang senasib ternyata.
    Aku trf tgl 2 juli sampe sekarang barang belum nyampe juga, pembeli aku udah pada ngomel2 pesenannya gak dateng2, di refund gak bisa juga..
    Hadeeeh emang harus bener2 sabar nih ����

    ReplyDelete
  24. Sis aku juga belanja di althea dari tgl 31 juli statusnya picked up di rincos center ampe skrng 20 agustus. Email ke cs tiki emailnya mental. Kudu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ari,

      Kudu menunggu sih emang, ngga ada jalan lain, karena semua teman2 juga menunggu. Percuma ke tiki kalo paketnya aja belum sampai di Indonesia.

      Delete
  25. Sama sis aku juga order tanggal 31 Juli 2017, sampe detik ini juga masih picked Up Rincos.. email dibalesnya suruh telpon Bea Cukai..

    ReplyDelete
  26. Ka, aku nau tanya, kalo belanja d bulan agustus ini kurang dari $100 kira2 kena red line ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapapun nominal kamu tetap akan melalui bea cukai, dan saat ini bea cukai untuk import borongan sedang red line. Untuk sementara jangan belanja via Althea sampai ada kabar baik dr Althea ya.

      Delete
  27. Hai Kak... aku mau sharing lagi, hehe...
    Jadi aku tuh rajin bgt buat email althea terkait perkembangan barang pesananku. dan ini sudah 1 bulan lebih beberapa hari aku nungguin sang paket yg belum datang :'( sedih bgt deh...
    Iseng2 juga nanya "apakah paketan saya baik2 saja? karena belum ada perkembnagan sama sekali" dan di balas oleh althea berikut:

    Yang Terhormat Nadya,

    Terima kasih telah menghubungi kami. 

    Kami mohon maaf karena Anda harus mengalami hal ini. Sambil menunggu situasi cukai di Indonesia selesai, tim kami juga tengah bekerja keras dengan ekspeditur tempatan untuk mencari cara lain mengimpor barang kenegara Anda.

    Pesanan Anda masih aman berada difasilitas penyimpanan tim ekspeditur kami. Jika tidak ada perubahan setelah 60 hari, paket akan dikirimkan dengan jalan lain ke pelabuhan berbeda. Ini adalah cara terakhir kami untuk mengirimkan paket sampai situasi cukai berakhir. Kami sangat menghargai kesabaran dan pengertian Anda.

    Silahkan beri tahu kami jika anda mempunyai pertanyaan lain. Kami akan melayani dengan senang :)

    Best Regards,
    Jo Mukti
    Althea Customer Care
    http://www.Althea.kr

    Disitu ada kalimat "Jika tidak ada perubahan setelah 60 hari, paket akan dikirimkan dengan jalan lain"... WOOOOWWWW jadi intinya paketan kita bakal LOOOUUUAMAAAAAA gitu sampainya ya kak... hahahahahaha

    ReplyDelete
  28. Halo, saya Thay. Mau sedikit sharing juga. Jadi saya sudah 2 kali belanja di Althea. Pertama kali, semuanya sesuai dari barang, packaging, pengiriman dsb. Trus tgl 2 Juli saya order lagi dan tgl 6 Juli status di Rincos udah berubah jadi 'picked up'
    Sampai saat ini, 28 Agustus, saya masih belum menerima barang saya. Saya sudah beberapa kali mengirim pesan ke pihak Althea. Dan dari email terakhir, pihak Althea memberikan saya kompensasi berupa poin. Saya sangat mengapresiasi bentuk 'pertanggungjawaban' tersebut. Walaupun sebenarnya menurut saya kesalahan bukan di pihak Althea atau siapapun. Timingnya saja yang kurang pas.


    Bukan hanya disitu saja. Hal lain yang saya khawatirkan adalah kondisi dan masa kadaluarsa dari produk tsb. Lagi-lagi saya berasumsi bahwa saat barang tertahan di bea cukai seperti ini, tidak ada yg dapat menjamin hal2 tersebut. Even dari pihak Althea. Lagi, apakah asumsi saya benar, Mba Nina?

    Let say, saya sudah menerima barang saya. Dan seperti yang saya katakan, barang tsb dalam kondisi yang tidak baik dan/atau kadaluarsa. Saya lebih baik membuang barang tsb. Ilang deh tuh ratusan ribu. Jujur saja, saya belum tau ya prosedur pengembalian barangnya seperti apa. Saya hanya mengetahui bahwa pengembalian barang dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan. Tapi apakah itu 1 bulan dari proses pembayaran atau 1 bulan dari saat kita terima barang tsb. Kemana saya harus mengembalikan barang tsb, Korea? Selain itu, berapa lama lagi saya harus menunggu barang barunya sampai?
    Ya begitulah. Saya masih percaya kepada si Althea ini tapi ya seperti kata Mba Nina di atas, belanjanya nunggu semuanya stabil dulu kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Thay,

      Terima kasih sudah berbagi.

      Ya, kondisi dan masa kadaluwarsa memang di luar kuasa Althea. Masa kadaluwarsa saya perkirakan masih jauh sehingga seharusnya barang masih aman dikonsumsi, tapi memang sebaiknya tetap diperiksa apabila nanti sudah diterima.

      Delete
  29. Hallo kak
    Aku juga ngalamin hal yang sama nih ka aku pesan dari 30 juli dan sampai sekarang status nya masih picked up di rincos.Tapi kalo aku liat di akun olshop jasa titip althea udh ada beberapa paket mereka yg sampai ke Indo dan prosesnya cepat yg dikirimnya via Doora. Apa cuman yg via rincos aja ya kak yang pengirimannya lama?karna kalo aku lihat rata rata yang ngalamin hal kaya gini yg dikirimnya via rincos.

    ReplyDelete
  30. hallo temen2, jng khawatir yaa, aku pesen althea tgl 28 juni, dan alhamdulillah barangnya sudah smpai tgl 19 september, tinggal nunggu box satunya lagiiii. kuncinya mah SABAR hehehe

    ReplyDelete
  31. Halooo aku mau bagi pengalaman aja. Aku pernah beli barang di Althea,tapi lupa tanggal berapa. Pokoknya waktu itu udah red line. Paket pasti sampai kok kalau beli di Althea. Cuma memang karena ada peraturan baru pasti bakal nyangkut di bea cukai. Paketku baru nyampai hampir 2 bulan kemudian, lol. Yang penting sabar aja, soalnya yang biasanya didahulukan di bea cukai setauku barang yang cepat busuk, kayak makanan atau obat herbal gitu. Jadi untuk kosmetik dan skincare kemungkinan bakal agak lama

    ReplyDelete
  32. Kk sekarang althea sedang gangguan kah? Soalnya aq buka aplikasi yang aq dwn dri playstore gak muncul gambar produk2nya. Hanya beberapa barang saja jadi aq gak bisa pilih barang yang mau aq beli. Kak tolongin donk ajari gmn caranya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      Aku udah lama nih ga buka aplikasi Althea, jd kurang tau.. Tapi coba aku lihat dan nanti aku buatkan tulisan khusus cara berbelanja di aplikasi Althea ya :)

      Delete
  33. hallo ka. mau tanya.. aku order di althea tgl 30 juli dan dapet notif no tracking dan udh di kirim tgl 8 agustus. sampe skg paket belum dateng juga dan sampe saat ini kalo aku cek status pengiriman statusnya masih "picked up" aja ga ada kemajuan. padahal terhitung sudh 3 bulan. itu kenapa ya kak???

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Ka mau tanya saya kemarin baru aja beli produk dialthea saya sudah transfer sesuai nominal yg dikirim melalui email tapi status pembayaran nya kenapa tertulis dibayar sebagian yaa ka
    Saya takut barang ngga dtng uang ngga kembali
    Mohon bantuannya ka
    Totalnya juga lumayan ka 1 juta soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, maaf ya aku udah lama ngga belanja di Althea, coba kamu kontak CS-nya untuk menanyakan hal tersebut :) atau kamu tunggu sampai resi keluar ya, pasti dia kirim kalau emang km bayar sesuai tagihan yang diberikan.

      Delete

Popular Posts

FIND MY PINTEREST

INSTAGRAM POSTS

Subscribe