BEAUTY REVIEW #06: SUNSCREEN BATTLE - BIORE UV PERFECT MILK VS SKIN AQUA UV MOISTURE MILK (BAHASA)

10:00:00 AM


Perhatian saya pada perawatan wajah itu cukup terlambat, baru menginjak usia 26 tahun saya mulai perhatian dengan perawatan wajah. Waktu SMA dan kuliah beberapa kali facial, tetapi lama-lama malas. Alasannya, cuci muka sendiri aja, bersihin komedo sendiri aja, dan lain-lain.

Beberapa waktu lalu, saya dan mama ke dokter kulit, membicarakan flek wajah, solusinya harus pakai sunscreen / sunblock, sempat beli di kliniknya, lalu saya pakai sampai habis (meskipun sempat bolong-bolong).
Kemudian, saya skin check di counter SK-II dan IOMA, hasilnya sama, concern utama wajah saya di flek, saya disarankan pakai sunscreen / sunblock untuk mengurangi flek yang akan timbul. Sejak saat itu, saya mulai mencari sunscreen / sunblock yang budget friendly dulu.

SUNSCREEN / SUNBLOCK, bedanya apa?

Sunscreen adalah produk berbentuk gel, lotion, cairan, mist, atau produk tropikal lain yang akan diserap oleh kulit dan berfungsi untuk menangkal radiasi sinar ultraviolet (UV) dan berguna membantu kita dalam menangkal pembakaran kulit akibat sinar matahari (sunburn).

Menurut Oncosec, sunscreen berguna untuk melawan radiasi sinar UV A (Aging), sedangkan sunblock untuk melawan radiasi sinar UV B (Burning).  Produk yang bertujuan menangkal UV A, akan menggunakan nilai PA, sedangkan UV B menggunakan nilai SPF untuk menunjukkan proteksi produk tersebut pada kulit.

SPF dan PA, artinya apa?

Nah, bagaimana dengan istilah "SPF" dan "PA" pada kedua produk tersebut?

Penjelasan SPF dan PA pada kemasan Skin Aqua
SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor, dan digunakan untuk memperkirakan jumlah waktu radiasi UV yang secara normal dibutuhkan untuk "membakar" kulit dengan menggunakan proteksi sunblock. Nilai SPF pada produk sunblock adalah pengukuran proteksi melawan sinar UVB, yang mengakibatkan kulit terbakar (Skinterra).

Gunakan perhitungan ini untuk mengetahui SPF yang kamu butuhkan :
SPF x Waktu Kulit Terbakar TANPA Proteksi = Waktu Kulit Terbakar DENGAN Proteksi
SPF 15 x 10 menit = 150 menit Proteksi
Sehingga, apabila kamu memakai sunblock dengan SPF 15, dan secara normal tanpa proteksi kulit kamu terbakar dalam 10 menit, maka apabila menggunakan sunblock kamu mendapatkan 150 menit proteksi. Otomatis, setelah 150 menit proteksi sunblock kamu akan memudar dan perlu menggunakan produk tersebut lagi.

Seperti yang dijelaskan di atas, terdapat 2 macam sinar UV, UV A dan UV B, nah karena UV B sudah ditangkal oleh produk yang mengandung SPF, maka tugas produk yang lain adalah menangkal radiasi sinar UV A. 

Sinar UV A, dapat menembus masuk ke kulit dan mengakibatkan kerutan, penuaan, dan kerusakan kulit lainnya yang diakibatkan oleh matahari, atau dikenal dengan photo-aging. Nah, PA adalah singkatan dari Photo Aging tadi. Apabila SPF menggunakan angka, maka PA menggunakan tanda "+" sebagai bentuk proteksi yang diberikan oleh sebuah produk. Semakin banyak "+" maka tentu semakin tinggi tingkat proteksi produk tersebut.

Untungnya saat ini produk sunblock / sunscreen sudah memiliki dua kandungan untuk menangkal radiasi UV A dan UV B. Sehingga, ketika kamu membeli produk proteksi matahari (sun protection), pastikan ada tulisan yang menyatakan SPF dan PA pada produk tersebut.

Terus terang, saat mencari data-data untuk tulisan ini, saya baru paham mengenai istilah-istilah di atas. Sebelumnya, saya cuma tau pakai sunblock kalau main ke pantai atau berenang saja. Kalau begini mulai sekarang kita harus selalu pakai proteksi kalau mau keluar rumah! :D

Biore UV Perfect Milk SPF50+ PA++++ dan SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF50, PA+++


SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF 50+, PA+++

Produk yang saya beli pertama kali adalah SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF 50+, PA+++.

Produk ini bisa didapatkan di online shop, harganya +/- Rp 40.000 untuk 40gr.


Kesan pertama, produk ini bertekstur milk atau susu, namun setelah digunakan tidak meninggalkan bercak putih (white cast) dan langsung menyerap di kulit karena berbahan dasar air. Produk ini juga dapat digunakan untuk badan dan wajah. Ohya, produk ini tidak memiliki wangi sama sekali, jadi aman buat kamu yang kurang nyaman dengan produk yang memiliki wangi.

Produk ini bisa digunakan sebagai daily moisturiser. Dituliskan pada produk juga, dia bisa digunakan sebagai dasar make up, saya sempat praktikkan ini dan memang dia cukup bisa menghandle make up dengan baik. Saya cukup rutin menggunakan produk ini untuk beberapa waktu.


Untuk saat ini saya berhenti menggunakan ini karena...
1. Saat itu Surabaya sedang panas-panasnya di pagi hari. Kadang-kadang saya jalan kaki menuju kantor. Karena saya memang gampang berkeringat, produk ini berasa meleleh di wajah, entah kenapa saat itu keringat serasa bercampur dengan produk yang saya pakai ini. Saya pun merasa kurang nyaman, sehingga saya jadi on off dalam menggunakan produk ini.
2. Komedo dan pori-pori besar. Saya tidak tahu persis apakah produk ini penyebabnya, tetapi karena produk ini yang saya pakai setiap hari, sepertinya ini adalah penyebabnya. 

Setelah beberapa lama absen, saya merasa tidak bisa terus-terusan absen dari  sunscreen / sunblock, meskipun saya hanya bekerja dalam ruangan. UVA/UVB tetap bisa masuk melalui media apa saja. Sehingga, saya mulai lagi menggunakan  sunscreen / sunblock, kali ini saya coba produk milik Biore.

BIORE UV PERFECT MILK SPF 50+, PA++++

Produk ini saya dapatkan hasil menitip orang tua saya yang ke Jepang bulan Oktober lalu. Saya sih dapat 2 macam Biore UV Aqua Rich Watery Gel dan BIORE UV PERFECT MILK SPF 50+, PA++++, supaya bisa membandingkan dengan SKIN AQUA UV MOISTURE MILK SPF 50+, PA+++ saya putuskan coba yang milk dulu.

Harganya +/- ¥615 (Sekitar Rp76.000 dengan kurs Rp 123), di Indonesia online shop menjual dengan harga Rp 160.000 - 175.000 untuk ukuran 40ml.


Kesan pertama, hampir sama dengan Skin Aqua, produk ini teksturnya milk atau susu, sedikit lebih kental dibandingkan Skin Aqua, setelah digunakan tidak meninggalkan white cast dan memiliki dry-to-touch finish, sepertinya sih bagus juga untuk primer make up. Ohya, Biore ini ada sedikit wangi, seperti wangi susu, tapi tidak mengganggu kalau buat saya.

Poin tambahan di kesan pertama saya adalah produk ini tidak membuat wajah berminyak. Kurang lebih setelah 8 jam pemakaian, tidak ada minyak sedikitpun. Saya tidak mengalami sunscreen yang meleleh di wajah saya.


Secara personal, saya lebih suka menggunakan Biore, saya suka dengan finish yang dihasilkan. Entah kenapa Skin Aqua berasa agak lengket dan meleleh pada saya.

Overall, kedua produk ini bagus, Skin Aqua punya nilai plus untuk sunscreen yang murah meriah, dan Biore punya nilai plus untuk hasil akhirnya. Pilihan akhirnya, kamu yang tentukan sendiri.

Let's have fun under the sun!

Note: This is not a promotional paid post, all mentioned and reviewed with my own opinion.

You Might Also Like

7 comments

  1. nama online shopnya apa ya saat beli skin aqua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari aja di Tokopedia sist, "SKIN AQUA" gitu.
      Toko tempat aku beli udah tutup kayanya :(

      Delete
  2. kak aku juga bermasalah sama flek di wajah, aku udah nyobain segala macam produk tetep aja ga hilang, kirakira biore uv perfect milk ini ngilangin gak kak? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flek memang susah hilang, aku juga sampai sekarang masih ada. Sunscreen membantu biar ngga tambah banyak, bukan menghilangkan.
      Kalo mau benar2 hilang harus ke dokter kulit menggunakan laser,tapi setelah itu tetep harus rajin skincare terutama sunscreen :)

      Delete
  3. Habis berapa bulan pakai satu botolnya?

    ReplyDelete
  4. Habis berapa bulan pakai satu botolnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya 2-3 bulan deh, ngga inget pastinya hehe.

      Delete

Popular Posts

FIND MY PINTEREST

INSTAGRAM POSTS

Subscribe