PERSONAL #04 : MY FINANCIAL TRICKS FOR SKIN CARE!

11:11:00 AM

Hai halloo!

Akhir Oktober - awal bulan November ini saya lagi BM alias Banyak Mau, dari make up, skin care, baju, dan lain-lain, ga ada abisnya deh kalo cewek (macam saya). Akhirnya karena lagi banyak mau, saya memutuskan ga membeli apa-apa. Mundur sejenak untuk tahu apa yang sebenarnya saya butuhkan.
Cuma satu yang menghantui saya selama hampir seminggu dan akhirnya saya beli, The Balm Meet Matte Hughe(s), itupun versi mini.

Nah, yang masih menghantui saya sejak beberapa bulan terakhir adalah.... SKINCARE!
Ini topik sudah lama, sempat skin check dan menyadari ada beberapa hal yang perlu dirawat, lalu entah kenapa komedo mendadak banyak (sepertinya gara-gara salah satu produk), dan pori-pori saya membesar.
Sempat mau beli SK-II cuma mundur terus karena harganya yang *ehm* cukup mahal.

Keputusan saya mundur sejenak tepat sekali.
Dalam 2 minggu terakhir, Twitter saya lagi heboh 10-Step-Korean-Skin-Care, lalu saya pun lanjut browsing blog, nonton YouTube, dan baca beberapa artikel yang membahas berbagai macam produk skin care. Saya sendiri ngga asing dengan Korean Skin Care, cuma memang belum mengerti produk-produk yang seharusnya saya gunakan. Setelah rangkaian penelitian tersebut, maka saya pun memutuskan untuk membeli beberapa produk.

Source : Evydraws

Lalu masalah selanjutnya, skin care kalau beberapa rangkaian itu kan cukup menguras kantong, kita harus gimana dong?

1. Kamu butuh apa?
Apapun perawatan wajah yang ingin kamu adopsi, sebenarnya yang penting adalah memilih sesuai yang kamu butuhkan, apakah itu Korean Skin Care atau Western Skin Care atau skin care ala blogger favorit kamu. Jangan lupa juga perhatikan kesesuaian dengan jenis kulit kamu. Banyak-banyak membaca terkait produk yang ingin kamu beli.

Source: GlowRecipe

Nah, Kalau kamu pemula, masih bingung juga mulai dari mana, kamu bisa mulai dari yang dasar, dari pembersihan dulu, sambil menabung untuk tahap selanjutnya. Kalau kamu sudah tahu butuh apa, boleh beli beberapa produk yang memang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

2. Berapa anggaran kamu?
Setelah memilih metode skin care dan produk yang kamu butuhkan, berikutnya adalah membahas anggaran biaya untuk skin care. Produk skin care sangat bervariasi, mulai yang dari ekonomis, menengah, sampai yang mahal. Produk yang ekonomis tidak selamanya jelek, produk yang paling mahal pun belum tentu hasilnya sesuai dengan yang diiklankan.

Maka, kalau anggaran kamu terbatas, pilih produk yang paling kamu butuhkan, atau pilih beberapa produk kelas menengah yang bisa memenuhi beberapa kebutuhan kamu. 

Tips: beberapa toko menjual produk dengan kemasan contoh atau sharing in a jar, memang hasilnya tidak dapat terlihat langsung, tetapi kamu bisa mengetahui apakah produk tersebut cocok untuk kulit kamu, sebelum membeli kemasan besar. Hal ini penting untuk kamu yang punya kulit sensitif.
Ohya, apabila kamu tidak nyaman dengan sharing in a jar, karena faktor higienis, belilah dalam kemasan sample saja :)

3. Pembayaran yang mudah
Pilih produk sudah, anggaran pun sudah ditetapkan, saatnya bertransaksi!
Apabila kebutuhan kamu banyak tetapi anggaran terbatas, kamu bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan online shop atau e-commerce yang memberikan fasilitas cicilan, misalnya Tokopedia atau BukaLapak. Pastikan cicilan 0% ya, supaya tidak terbeban bunga ;)

Sebagai #anakcicilan sejati, saya suka sekali dengan fasilitas ini. Saya bisa membeli beberapa produk sekaligus dan menyesuaikan dengan anggaran bulanan saya.

Berlaku sampai 5 Januari 2017
Info Lengkap disini
Info Lengkap disini
Tips: jangan pilih tenor yang terlalu lama, misalnya 12 bulan, untuk nominal yang rendah, memang terlihat sedikit nyicilnya, cuma pasti berasa ngga selesai-selesai deh! Tenor yang paling pas adalah 3 atau 6 bulan. Perhatikan fasilitas bank yang dipilih ya.


4. Perhatikan tanggal cetak dan jatuh tempo kartu kredit
Berbelanja dengan kartu kredit memang nyaman, tagihannya bisa muncul nanti-nanti. Tapi tunggu dulu, apakah kamu hafal tanggal cetak tagihan dan jatuh temponya?

Kalau saya suka mengatur tanggal gesek dengan memperhatikan tanggal cetak tagihan, supaya bisa mengatur kapan tagihan tersebut akan jatuh tempo.
Contoh :
Tanggal Cetak : 24
Tanggal Jatuh Tempo : 5 (bulan berikutnya)
Kalau mau belanja lebih baik diatas tanggal cetak, supaya tagihan kamu bisa masuk di bulan berikutnya. 

Belanja dengan cicilan ini bisa menjadi salah satu Financial Tricks buat kamu. Manfaatkan fasilitas yang diberikan oleh e-commerce tersebut. 
Sisa anggaran kamu bisa ditabung *ehm* atau disimpan untuk kebutuhan mendadak ya! Atau bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

Jangan lupa tetap perhatikan anggaran dan jangan boros! Selamat kinclong! :D

Note: This is not a promotional paid post, all mentioned and reviewed with my own opinion.

You Might Also Like

2 comments

Popular Posts

FIND MY PINTEREST

INSTAGRAM POSTS

Subscribe