PERSONAL #11: SHOULD WE FOLLOW ALL THE "NEW ARRIVALS"?

11:00:00 AM

SHOULD WE FOLLOW ALL THE "NEW ARRIVALS"?

Nah tuh udah ditulis gede-gede, jawabannya apa? Beberapa dari kita mungkin "IYA" pake "BANGET" kalo udah cinta mati sama satu produk atau merek. Beberapa dari kita mungkin "NGGAK USAH LAH YA" dengan berbagai alasan, mulai dari alasan hidup minimalis, keuangan, barang-barang lain yang udah dibeli tapi ngga kepake, atau memang sekedar ngga cocok sama si "New Arrivals".

Sebenarnya, fokus tulisan ini ngga cuma di barang-barang "New Arrivals" aja, tapi ya saya mau sekedar sharing gimana sih caranya kalau mau beli barang bermerek tapi ga bikin kantong bolong. Saya ambil contoh untuk fashion item ya. Saya tuh suka beberapa lini pakaian yang konsepnya minimalis, simple, karena pada dasarnya saya cepet bosen, salah satu yang saya suka CottonInk.


Koleksi CottonInk saya ngga banyak-banyak amat sih sebenernya cuma ya udah doyan aja sama merek ini. Temen saya pernah bilang gini, "Hah, CottonInk? Mahal ah.." Lalu saya mikir, emang kalau mahal kenapa? You can save some money and buy the expensive one. Ini semacam jadi prinsip saya kalau beli barang, dulu saya doyan beli baju impor Bangkok, sampai lama-lama kualitasnya kurang bagus dan saya mikir mending uangnya saya simpen tapi saya bisa beli CottonInk, saya ngga tau kenapa bisa goals banget sama CottonInk haha.

BUY THEM ON SALE! 

Hemat banget lho! CottonInk lumayan sering ngadain sale, potongan harganya bisa sampai 50%. Saat-saat seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk beli produk incaran kamu atau beli produk dari merek yang kamu suka. Kaya kapan hari ada CottonInkxRaisa seri 2, saya sempet naksir satu baju yang akhirnya batal beli, eh malah beli pas lagi sale, jadi saya bisa dapat baju yang saya mau dengan harga yang lebih murah! Harganya jadi kurang lebih sama dengan beli baju tanpa merek. Pastikan yang kamu beli sesuai dengan gaya dan anggaran kamu. Cara ini bisa kamu terapkan di semua barang! Apa aja deh mulai gadget, fashion, beauty, make up, etc.

BUY THEM ONE SEASON/TYPE BEHIND

Nah, tips ini berlaku untuk fashion, gadget or beauty items. Misal nih kamu naksir iPhone 7, padahal anggaran kamu ngga sampai sana (tipikal yah haha), kamu bisa beli di iPhone 6 aja, atau 5s, yang sesuai anggaran kamu. Jaman sekarang nih, sebenernya kamu ngga harus kok punya yang terbaru, kalau ada rejeki ya Puji Tuhan, kalau ngga ya kenapa harus maksa? Kita selalu dipaksa konsumtif, bahkan untuk hal yang kamu ngga butuh dan ngga kepake2 banget fitur terbarunya. You can arrange your money at another needs.

LOOK FOR ALTERNATE PRODUCT

Selain beli satu tipe atau satu musim di belakang, kamu juga bisa cari alternatif produk. Misal nih kemarin saya mau beli kamera, semua teman saya pakai Fujifilm, it was a trend back then, cuma saya merasa harganya terlalu mahal dan too mainstream semua pegang Fuji, akhirnya saya beli Canon EOS M10 yang travel friendly. Ohya, dengan catatan ya saya beli sesuai yang saya mampu beli, serela saya, dan yang saya beli saya yang tentukan sendiri, so I'll take any risk. Kalau saya menyesal beli, saya tinggal bilang sama diri sendiri, "kan kamu sendiri yang memilih, kok nyesel?" :)

"NEW ARRIVALS" memang sangat menggoda. Temen saya juga ada  yang suka CottonInk, dulu dia rajin beli tiap ada barang baru, haha. Kalau saya sih sempat beberapa kali ngikutin new arrivals atau belinya nanti-nanti tunggu kepikiran dan kepingin banget. Dan dibeli kalau butuh ya, haha.


A post shared by nina sapphira | 니나 (@ninasapphira) on


So, jawaban saya you should not always follow all the new arrivals. Belilah kalau kamu benar-benar suka barang itu atau seseorang di balik sebuah barang. Seperti Claradevi dress ini saya beli karena udah naksir berat sama Claradevi, haha. Jadi pas CottonInk kolaborasi sama dia, saya mau langsung beli tanpa tunggu sale. Set your own priorities.

Kalau kalian, apakah punya tips dan trik untuk mengikuti tren?

Gambar pendukung milik CottonInk

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku juga suka Cottonink! Walaupun nggak banyak yang aku koleksi, tapi aku suka potongan setiap bajunya rapi dan jatuhnya di badan pasti bagus.

    Kalo baju aku juga ngincer diskonan banget. Di Berryben** kan sering tuh promonya, kalo bisa dapet baju cakep dengan harga diskonan rasanya puas banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku malah ga pernah buka berryben**, ga pernah kepikir malah untuk cari baju di sana, coba deh kapan2 liat2 :D. Yang aku follow ig cuma atsthelabel sama cottonink, jadi sukanya cari baju di dua merek itu aja hahaa.

      Delete

Popular Posts

FIND MY PINTEREST

INSTAGRAM POSTS

Subscribe