ONE DAY BUSAN TRIP USING KTX (KORAIL PASS)

10:00:00 AM

Salah satu tujuan ke Korea Selatan adalah ke BUSAN!  Alasan pertama karena kota kelahiran idola, tjieee.. Alasan kedua ya karena Busan adalah kota metropolitan terbesar kedua setelah Seoul. Jadi seperti Jakarta dan Surabaya gitu.


Pergi ke Busan bisa beberapa cara, bisa menggunakan bis, kereta, atau pesawat. Kami memilih untuk menggunakan kereta pada perjalanan kali ini. Setelah kami memutuskan pergi menggunakan kereta biar bisa merasakan KTX, maka langkah selanjutnya adalah membeli tiket kereta api. Tiket kereta api bisa dibeli langsung hari H keberangkatan, atau beberapa hari sebelumnya saat kamu sudah di Seoul, tapi mengingat adanya keterbatasan tempat duduk, saya dan teman saya memilih untuk beli tiket  Korail Pass dan reservasi tempat duduk H-9 keberangkatan.

KORAIL PASS

Korail Pass adalah tiket kereta api khusus warga negara asing untuk menikmati kereta KORAIL dengan harga yang ekonomis. Silahkan buka web Korail Pass di sini untuk informasi yang lebih lengkap. Web Korail Pass tersedia dalam bahasa Inggris dan menurut saya sudah cukup jelas. 

Masa aktif Korail Pass adalah 10 hari sejak tanggal perjalanan pertama. Tanggal perjalanan pertama ini akan ditanyakan saat pembelian Korail Pass. Apabila tanggal perjalanan pertama 7 Oktober 2018, maka Korail Pass berlaku sampai 16 Oktober 2018.

Ada dua tipe tiket yang bisa dibeli:
  • 2/4 day select passKorail Pass bisa digunakan hanya 2 atau 4 hari sebelum masa berlaku selesai.
  • 3/5 day consecutive passKorail Pass bisa digunakan 3/5 hari berturut-urut sebelum masa berlaku selesai.
Saya membeli 2 day select pass untuk 2 orang dengan tipe penumpang SAVER (apabila kamu bepergian dengan dengan 2-5 orang dalam satu kelompok dengan jadwal perjalanan yang sama, silahkan pilih SAVER). Ohya, pembelian hanya bisa menggunakan kartu kredit. Kalau kalian beli di Korail Travel Center, kalian juga memerlukan kartu kredit saat transaksi.

Tampilan KORAIL PASS yang telah dibeli
Setelah selesai membeli Korail Pass jangan lupa untuk mencetak tiket. Tiket ini digunakan untuk cek penumpang, jangan lupa bawa paspor juga saat menaiki kereta.

Setelah membeli Korail Pass, kalian juga bisa memesan tempat duduk. Karena kalau tempat duduk habis, kalian bisa naik tetapi berdiri selama perjalanan. Ngga mau kan berdiri 2 jam perjalanan. Kalian bisa pilih jam berangkat dan pulang melalui pilihan pemesanan tempat duduk. Tempat duduk akan dipilihkan oleh Korail. Jangan lupa untuk mencetak tiket pemesanan tempat duduk.

Pada tampilan di atas date of travel 1  8 Oktober 2018 untuk perjalanan ke Busan dan 10 Oktober 2018 untuk perjalanan ke Jeonju. Sehingga saya sudah menggunakan fasilitas 2 day select pass.

PERJALANAN

Naik kereta api merupakan pilihan yang cukup praktis, ngga perlu datang 1-2 jam sebelum seperti naik pesawat, meski waktu perjalanan agak lebih panjang.

Kami memilih jadwal keberangkatan 06.35 (Seoul) - 09.16 (Busan) dan 19.15 (Busan) - 21.58 (Seoul). Perhatikan nomor kereta, nomor gerbong, dan nomor tempat duduk. Informasi ini bisa kita lihat di reservasi tempat duduk, nanti pas tunggu kereta langsung berdiri di depan nomor gerbong.

Cukup datang 30 menit lebih awal dari jadwal kereta. Ohya, jangan khawatir kelaparan pagi-pagi karena ada pilihan makanan dan minimarket yang sudah buka, atau bisa bawa bekal dari rumah, dan bisa dimakan di dalam kereta selama perjalanan. Kereta datang 10 menit sebelum jadwal keberangkatan.

BUSAN

Sampai di Busan kami menuju destinasi terjauh, Haeundae Beach. Pantai ini terletak 45 menit dari Busan Station. Haeundae Beach ini pantai yang panjang, kalau di Indonesia kaya Pantai Kuta, cuma bersih! Saat kami datang sih karena bukan musim panas, ngga ada sih yang berjemur. Cuma beberapa keluarga mengajak anaknya main-main di pantai. Setelah melihat-lihat dan keterbatasan waktu, kami sempatkan sarapan dulu dan kembali lagi ke Busan. Ohya, ini rekomendasi tempat makan yang bisa dicoba. Gukbap, diambil dari kata guk = sup dan bap = nasi, pada dasarnya adalah nasi dan sup, cuma isinya bisa macam-macam. Kalau yang ini daging babi isinya.




Dari Haeundae Beach, kami langsung lanjut ke Gamcheon Culture Village. Gamcheon Culture Village sendiri adalah daerah yang telah dipugar dan ditingkatkan dalam beberapa tahun terakhir untuk menarik pariwisata.




Jalan di Gamcheon Culture Village cukup curam, tajam, dan banyak tangga. Karena area ini merupakan area tempat tinggal, maka pengunjung diharapkan menjaga ketenangan dan memperhatikan petunjuk yang ada, jangan asal masuk rumah orang ya! Puas foto-foto di Gamcheon Village, kami lanjut ke area BIFF Square.




BIFF Square ini seperti Myeongdong-nya Busan, banyak toko-toko perawatan wajah dan fashion ada di sini. Ohya di dalam BIFF Square juga ada Busan Tower, meski tidak besar seperti N Seoul Tower, boleh lah dikunjungi.


Menghabiskan waktu di Busan memang tidak cukup satu hari saja. Setelah mengunjungi tiga tempat itu saya sudah kehabisan tenaga HAHA.. dan kehabisan waktu karena kembali ke Seoul jam 7 malam. Mungkin saya harus menyiapkan waktu lebih untuk ke Busan di kunjungan berikutnya.

Sekian cerita dari Busan kali ini. Yang mau tanya-tanya seputar perjalanan saya di Korea, silahkan tulis di kolom komentar ya! Sampai jumpa di cerita berikutnya...

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

FIND MY PINTEREST

INSTAGRAM POSTS

Subscribe