BEAUTY REVIEW #21: THE ORDINARY NIACINAMIDE 10% + ZINC 1% (BAHASA)

10:00:00 AM

Akhirnya kesampaian juga nyoba produk The Ordinary!

Dari dulu sudah penasaran sama si holy grail ini karena banyak yang mengelu-elukan. Kondisi wajah saya, ngga tau kenapa, ada aja jerawat yang timbul, dan tentu saja berimbas pada bekas jerawat :( Ohya si jerawat ini sih sepertinya karena pemakaian salah satu produk, yang akhirnya saya stop. 

Setelah nonton videonya Liah Yoo yang bahas perawatan bekas jerawat, saya semakin yakin untuk membeli The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini.



Buat yang masih bingung, website resmi The Ordinary menyediakan panduan pemakaian produk-produk The Ordinary tergantung dengan skin concern kamu. Silahkan klik di sini (Regimen Guide) untuk cek produk mana yang diperlukan untuk permasalahan kulitmu.


KEMASAN & HARGA

Kemasan The Ordinary yang sederhana tapi elegan cukup membuat jatuh cinta ya. Pastikan kamu menerima produk ini dalam kondisi botol tersegel. Ukurannya cukup kecil karena isinya cuma 30ml.



Kemarin saya beli di schminkhaus (Shopee) harganya Rp 150.000 untuk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% full size (30ml). Kalau secara harga, menurut saya sih masih terjangkau ya, meski cukup kaget dengan "hah ternyata kecil ya, hahaha." Saya sudah habis 3/4 botol dalam 1,5 bulan, pemakaian setiap hari pagi dan malam.

Ohya, saya sempet patah hati karena saya ngga sengaja mecahin The Ordinary ini. Rasanya? Patah hati sampe ga bisa nangis. Padahal itu baru kepake 1/4 botol. Tapi karena penasaran akhirnya saya beli lagi dan jaga-jaga lagi biar ga pecah..

ACTIVE INGREDIENTS

Aqua (Water), Niacinamide, Pentylene Glycol, Zinc PCA, Dimethyl Isosorbide, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan gum, Isoceteth-20, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.



Niacinamide (Vitamin B3) is indicated to reduce the appearance of skin blemishes and congestion. A high 10% concentration of this vitamin is supported in the formula by zinc salt of pyrrolidone carboxylic acid to balance visible aspects of sebum activity. (Source: The Ordinary)

Niacinamide membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Karena kemampuan tersebut, vitamin B3 ini dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. (Source: Sociolla Journal)

Bahan aktif The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% adalah Niacinamide dan Zinc. Seperti yang disebutkan di atas, niacinamide atau vitamin B3 ini banyak sekali manfaatnya dan lebih fokus pada memperkuat pertahanan lapisan kulit. Untuk perawatan jerawat, saya mempercayakan pada Betadine Sabun Cair, COSRX BHA, dan produk yang mengandung tea tree. Niacinamide berperan sebagai "peredam" kemarahan kulit.

Lalu bagaimana dengan Zinc? Ternyata Zinc juga banyak manfaatnya, diantaranya skin healing, spot solution and acne fighter, reduce oilyness. Secara umum kita bisa lihat kalau Niacinamide dan Zinc ini saling melengkapi, terutama untuk urusan jerawat dan perbaikan kulit.


CARA PAKAI DAN PEMAKAIAN

Direkomendasikan oleh The Ordinary untuk menggunakan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini pada pagi dan malam hari. Saya sendiri menggunakan ini pagi dan malam hari. Cukup teteskan langsung pada wajah pada dahi, pipi, hidung, dagu. Atau silahkan teteskan di tangan dulu sekitar 4-5 tetes baru diaplikasikan ke wajah.


Produk ini digunakan sebelum krim yang berat, kalau saya pakai setelah FTE. Tunggu agak kering dulu, baru pakai The Ordinary, lalu pakai jade roller supaya lebih meresap.

Perlu diperhatikan juga kombinasi produk yang mengandung niacinamide ini dengan bahan aktif lainnya yang ada di rutinitas perawatan wajahmu. Uniknya niacinamide ini cukup kompatibel dengan bahan aktif lainnya seperti retinol, peptides, hyaluronic acid, AHAs BHA, dan antioksidan lainnya. Hanya yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh menggunakan Niacinamide dan Vitamin C bersama-sama. Kalau mau menggunakan Vitamin C dan Niacinamide harus pada waktu yang berbeda ya!

THE IMPRESSION

So far so good. Pas pertama pakai The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% sih agak terasa bau kimia ya, tapi cepat menghilang kok baunya, bukan yang bau ngga enak gitu. Teksturnya kental, silky di wajah, cepat meresap dan ngga lengket juga. Seminggu pertama sih ngga ada efek yang berarti.

Nah, sebelum pakai The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini saya tuh ada kaya sebum atau jerawat di hidung yang ngga hilang-hilang dengan cara apapun. Pas pakai The Ordinary ini setelah 3 hari tiba-tiba jerawatnya matang lalu bisa diekstraksi! Plus saya pakai acne cover supaya bisa bantu mengeluarkan sebumnya. Sekarang saya masih dalam proses menghilangkan bekasnya. Menurut saya The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini cukup membantu meski ngga cepat ya, udah tenang kulitnya. Setelah seminggu pakai sih sempat ada jerawat kecil tapi cepat kempes juga, mungkin jerawat hormonal PMS.

Kalau saya sih, ini beda dengan serum yang saya stop itu. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini membantu banget perawatan wajah, jadi jerawat juga cepat kering dan ga berulah lama-lama.

Kalau mencerahkan sepertinya belum berasa. Meski sudah pakai hampir setengah botol. Dan untuk bekas jerawat.. Kok saya juga belum kerasa ngefek ya, malah akhir-akhir ini saya kombinasi dengan Tamanu Oil. Saya yakin bahwa produk ini memang tidak bisa bekerja sendiri. Opini saya, semua rangkaian produk perawatan wajah harus saling melengkapi juga. Jadi, kalau memang kerasa belum ngefek, rasanya saya juga harus perhatikan kombinasi produk lainnya.

Sejauh ini, saya cukup puas dengan produk ini, bahkan saya penasaran juga dengan produk The Ordinary lainnya. Kalau kalian, produk The Ordinary apa yang jadi holy grail?

Note: This is not a promotional paid post, all mentioned and reviewed with my own opinion.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

FIND MY PINTEREST

INSTAGRAM POSTS

Subscribe